Cara Mengeja Huruf di Telepon

Ketika kita berbicara di telepon, terkadang kita perlu mengeja suatu nama atau istilah huruf demi huruf. Sering kita saksikan acara kuis di TV atau radio yang dapat diikuti oleh penonton/pendengar di rumah. Pada saat kuis seperti itu, sering pembawa acara salah mendengar nama si penelepon.

Loh, tapi kan saya ga pernah ikut kuis online? Mungkin Anda berpikir seperti itu. Nah, bagaimana kalau kasusnya beli makanan via pesan antar (delivery)? Ketika itu Anda harus menyebutkan nama dan alamat dengan jelas. Banyak perumahan yang menggunakan blok dengan huruf A, B, C, D, E, F, G, dst. Belum lagi jika nama Anda tidak pasaran. Resiko salah eja menjadi semakin besar.

Biasanya, penelepon akan mengeja sesuai dengan ejaan Indonesia: A, Be, Ce, De, E, Ef, dst. Bila kita amati, ada beberapa huruf dalam alpabet yang jika diucapkan lewat telepon terdengar mirip. Kemiripan ini bisa menyebabkan kekeliruan. Contohnya De dengan Te, Ce dengan Je.

Ternyata ada standar internasional yang khusus dibuat untuk mengatasi masalah ini. Standar ini dirancang sedemikian rupa sehingga salah eja bisa diminimalkan. Standar ini berasal dari ICAO, disebut Radiotelephony atau sering juga disebut NATO phonetic alphabet. Daftar ejaan disajikan dalam tabel di bawah ini:

Huruf Huruf fonetis
A Alfa
B Bravo
C Charlie
D Delta
E Echo
F Foxtrot
G Golf
H Hotel
I India
J Juliett
K Kilo
L Lima
M Mike
N November
O Oscar
P Papa
Q Quebec
R Romeo
S Sierra
T Tango
U Uniform
V Victor
W Whiskey
X Xray
Y Yankee
Z Zulu

 

Contoh:

  • Bandung dieja BRAVO ALPHA NOVEMBER DELTA UNIFORM NOVEMBER GOLF
  • Jeni dieja JULIETT ECHO NOVEMBER INDIA

Untuk berlatih, silakan coba mengeja kata-kata ini:

  • Bonie, Doni, Tonny, Toni
  • Bram, Pram

Nah, sekarang silakan coba mengeja nama Anda sendiri. Bisa juga Anda mencoba mengeja nama-nama yang muncul di koran. Bagaimana? Silakan saja dihafalkan, siapa tahu suatu saat akan berguna.

  1 comment for “Cara Mengeja Huruf di Telepon

  1. tambunan
    28 April 2016 at 16:40

    Terima Kasih atas informasi yang bermanfaat ini! 🙂

Leave a Reply

%d bloggers like this: