Cara Mengkombinasikan Beberapa File PDF Menjadi Satu

Dalam pekerjaan, kadang-kadang kita perlu membuat satu dokumen pdf yang merupakan hasil kombinasi beberapa file pdf. Sebagai contoh, tadi sore saya harus menyelipkan dua file pdf ke dalam satu proposal kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat. Dua file yang dimaksud adalah hasil scan MoU antara Prodi dengan pihak eksternal.

Jadi dalam kasus ini ada tiga bahan yang akan dikombinasikan:

  1. Proposal PkM (29 halaman)
  2. MoU pertama (1 halaman)
  3. MoU kedua (1 halaman)

Semua bahan di atas berformat pdf.

MoU pertama dan MoU kedua perlu diselipkan setelah halaman 15 pada proposal, sehingga nantinya halaman-halaman hasil kombinasi menjadi seperti ini:

  1. Proposal halaman 1-15
  2. MoU pertama
  3. MoU kedua
  4. Proposal halaman 16-29

Untuk meyambung-nyambungkan file di atas, kita perlu software utility khusus untuk menangani format pdf. Ada beberapa software yang tersedia, tapi dalam artikel ini saya menggunakan pdftk. Adapun perintah yang perlu kita ketikkan untuk melakukan kombinasi di atas adalah sebagai berikut:

pdftk A=mou1.pdf B=mou2.pdf C=proposal.pdf cat C1-15 A B C16-29 output kombinasi.pdf

Baris di atas agak panjang sehingga ada beberapa hal yang perlu dijelaskan:

  • Kita membuat tiga variabel yakni A, B, C. A mengacu ke file bernama mou1.pdf, B mengacu ke mou2.pdf, dan C mengacu ke proposal.pdf.
  • cat artinya kita hendak menyambungkan lebih dari satu file pdf.
  • C1-15 A B C16-29 artinya kita mengambil halaman 1 hingga 15 dari C (proposal.pdf), seluruh A (mou1.pdf), seluruh B (mou2.pdf), dan halaman 16-29 dari C.
  • Hasil kombinasi dikeluarkan dalam file bernama kombinasi.pdf.

Selamat mencoba!

Leave a Reply

%d bloggers like this: