Instalasi Zotero

Zotero terdiri dari dua komponen. Komponen pertama adalah ekstensi untuk browser. Komponen pertama berguna untuk mengumpulkan dan mengelola referensi-referensi kita. Kita bisa berselancar di dunia maya, lalu menyimpan halaman atau berkas setiap kali kita temui referensi yang bagus. Saat ini browser yang didukung adalah Firefox, Chrome, dan Safari. Komponen kedua adalah plugin untuk aplikasi pengolah kata. Komponen kedua gunanya untuk membuat kutipan dan membuat daftar pustaka dalam karya tulis kita. Saat ini dua pengolah kata terpopuler, Microsoft Word dan LibreOffice, telah didukung.

Untuk mengunduh Zotero, kunjungi halaman Download pada website resminya. Zotero tersedia dalam dua versi, yakni versi ekstensi yang berjalan di dalam browser dan versi standalone. Saya memilih versi ekstensi karena lebih praktis. Setelah menginstal ekstensinya, kita perlu memasang plugin untuk Microsoft Word atau LibreOffice. Silakan unduh sesuai dengan aplikasi pengolah kata yang Anda gunakan.

Setelah Anda memasang ekstensi browser pada Firefox, pada bagian kanan atas akan muncul tombol dengan ikon Z.

Zotero button appears inside Firefox
Tombol Zotero button tampak pada Firefox

Klik tombol tersebut atau ketik Ctrl-Shift-Z untuk membuka jendela Zotero. Selanjutnya, kita akan belajar cara menambah koleksi kepustakaan kita.

Leave a Reply

%d bloggers like this: