Menambah Item Zotero secara Manual

Setelah menginstal Zotero, kita dapat menambahkan beragam referensi ke dalam Library (Perpustakaan) kita. Untuk menambahkan satu item, klik tombol New Item. Setelah kita klik, Zotero akan menampilkan dropdown berisi banyak pilihan jenis pustaka.

Berbagai jenis item yang didukung Zotero

Di sini penting untuk memilih jenis yang sesuai karena jenis pustaka akan mempengaruhi cara Zotero menuliskan entri bibliografi. Misalnya jika kita ingin memasukkan buku, pilih Book. Jika hanya bagian buku tertentu, pilih Book Section. Jika kita ingin memasukkan prosiding seminar, pilih Conference Paper, dan seterusnya.

Dalam contoh kali ini, saya memilih Book. Setelah kita klik Book, Zotero akan menambahkan item kosong. Sekarang kita bisa memasukkan data item tersebut, misalnya judul buku, penulis, penerbit, dan tahun, pada panel Info di sebelah kanan . Silakan lihat gambar di bawah. Pada gambar tersebut saya memasukkan buku User-Centered Design karya Travis Lowdermilk sebagai contoh.

Menambahkan item secara manual

Pada tutorial berikutnya, kita akan belajar menambahkan item secara lebih praktis menggunakan format file tertentu. Lalu kita juga akan belajar menambahkan lampiran (attachment) pada suatu item.

Leave a Reply

%d bloggers like this: