Menambah Pustaka Secara Cepat dengan Format EndNote/Refman

Selain menambahkan item dan mengedit field-field item secara manual seperti yang telah dibahas pada tutorial sebelumnya, sebetulnya ada cara yang lebih mudah dan cepat untuk menambahkan item-item pustaka ke dalam Library Zotero, yakni dengan mengimpor item menggunakan format pertukaran khusus untuk pertukaran referensi, misalnya BibTeX, EndNote, atau Refman. Namun hal ini tergantung pada website sumber, apakah menyediakan format yang kita butuhkan atau tidak. Biasanya website-website yang berkaitan dengan penerbitan karya ilmiah mendukung format-format ini. Pada tutorial ini, saya akan menunjukkan cara impor artikel jurnal ke dalam Zotero.

Impor Artikel Jurnal

Dalam tutorial ini, saya mengambil contoh sebuah artikel yang diterbitkan pada Jurnal ScienceDirect. Silakan kunjungi artikel tersebut.

Nah, seandainya kita ingin menyimpan artikel tersebut ke dalam Zotero, apa yang harus kita lakukan? Cara pertama tentu saja dengan mengklik New Item lalu mengisi field-field yang dibutuhkan sesuai dengan data artikel tersebut. Namun ada cara yang lebih praktis yakni dengan meng-klik dropdown Export di bawah header laman website ScienceDirect. Pilih format RIS lalu klik Export.

Ekspot artikel ScienceDirect

Begitu kita klik Export, server web ScienceDirect akan mengirim sebuah file. Firefox ternyata telah mengenali format file tersebut dan menawarkan untuk mengimpor file tersebut ke Zotero. Klik OK.

Impor item dari ScienceDirect

Sekarang mari kita lihat pada Zotero, di sana telah bertambah satu entri yang sudah terisi lengkap!

Impor dari ScienceDirect berhasil

Sekarang Anda dapat kapan saja membuka kembali artikel ini dengan cara mengklik kanan pada entri artikel ini pada Zotero lalu memilih View Online. Praktis kan? Anda tak perlu mengunduh file, mengetikkan field-field referensi satu per satu, dan menyimpan URLnya. Itu semua sudah tersimpan pada database Zotero saat ini. Nah, bagaimana jika kita ingin menyimpan salinan artikel tersebut dalam PC kita, misalnya kita ingin menyimpan pdf yang telah diterbitkan dalam format jurnal? Untuk keperluan ini, Zotero memungkinkan kita untuk menyimpan satu atau lebih lampiran pada setiap item. Lampiran itu bisa berupa snapshot laman web, pdf, tautan, atau file apa pun, misalnya file audio jika kita memiliki referensi berjenis Audio Recording.

Sekarang kita akan mencoba menambah lampiran untuk artikel yang baru kita buat. Klik Download PDF di bagian atas laman. Setelah pdf selesai dimuat dalam Firefox, klik kanan item artikel “Driver distraction”, lalu pilih Add Attachment > Attach Snapshot of Current Page. Untuk lebih jelasnya, lihat gambar berikut:

Tambahkan pdf sebagai lampiran

Zotero akan menyimpan copy dari pdf tersebut ke direktorinya, dan di samping ikon artikel “Driver Distraction” kini ada segitiga untuk menunjukkan bahwa item tersebut mengandung lampiran.

Lampiran pdf telah ditambahkan

 

Kita telah belajar beberapa cara untuk memperkaya koleksi referensi kita dengan Zotero. Pada tutorial berikutnya, kita akan belajar cara mengutip suatu sumber dan membuat Daftar Pustaka pada program pengolah kata favorit kita.

Leave a Reply

%d bloggers like this: