PSPP, Software Statistika Gratisan Sebagai Alternatif SPSS

Dalam program Hibah E-Learning yang saya ikuti bersama Bu Elis, saya perlu mengolah data kuesioner pengguna konten e-learning yang telah kami produksi. Sebenarnya data yang kami kumpulkan tidak banyak, hanya 30 mahasiswa saja. Pengolahan data yang akan dilakukan pun hanya statistik deskriptif biasa, sehingga mestinya menggunakan spreadsheet sudah cukup. Meski demikian, terbesit ide untuk menggunakan aplikasi pengolahan data statistika khusus.

Software “standar” yang mahal

Software yang pertama saya ingat tentunya SPSS. SPSS sudah menjadi standar dalam pengolahan data statistika. Seperti apa SPSS sekarang ini ya? Sudah 10 tahun berlalu sejak saya terakhir kali menggunakan SPSS untuk mengolah data statistika. Saya buka website SPSS yang sekarang sudah jadi milik IBM. Lihat harganya, mahal banget hehehe..

Saya sekarang ini sedapat mungkin menjauhi pembajakan software. Karena sadar tidak akan mampu membeli SPSS dengan dana hibah yang kecil, saya coba cari-cari paket software statistik open source untuk menggantikan SPSS. Ya tidak perlu se-powerful SPSS lah. Yang penting hasil perhitungannya valid.

PSPP dan konco-konconya

Ternyata saat ini banyak software statistika open source yang tersedia. Dalam hibah ini saya mencoba GNU PSPP, yang kebetulan ada di repositori Ubuntu. Saya juga menginstal dua aplikasi lain yang tampaknya menarik, yakni Sofa Statistics, JASP, dan R.

Setelah menggunakan PSPP untuk mengolah dua set data, saya bisa bilang bahwa software ini sudah keren. Dia menawarkan banyak fitur, misalnya:

  • Mampu mengimpor data dari LibreOffice Calc;
  • Melakukan berbagai perhitungan dan transformasi data;
  • Menampilkan berbagai grafik; hingga
  • Ekspor ke format dokumen lain.

Hal yang kurang saya sukai dari PSPP adalah jendela output yang terpisah.

Berikut screenshot PSPP ketika saya pakai:

Tampilan data view pada PSPP
Tampilan “Data View” pada PSPP

Pada screenshot di atas, saya mengolah nilai tugas dan assessment mahasiswa untuk mengukur pemahaman mereka setelah menggunakan konten e-learning yang kami produksi.

Bagi Anda mahasiswa, dosen atau peneliti yang membutuhkan software gratis untuk mengolah data statistika, silakan coba PSPP ini. Jangan kuatir, PSPP bisa diinstal di Windows dan Mac OS juga kok.

 

Leave a Reply

%d bloggers like this: