Mengutip dan Membuat Daftar Pustaka Menggunakan Zotero

Setelah kita mengisi Library kita dengan berbagai pustaka, saatnya kita menulis! 🙂

Dalam tutorial kali ini, saya akan memperagakan penggunaan Zotero dalam LibreOffice Writer. Bagi Anda pengguna MS Word, Anda tinggal menyesuaikan. Caranya tidak jauh berbeda kok 😉

Mari kita jalankan LibreOffice Writer! Perubahan pertama yang akan kita jumpai setelah memasang plugin Zotero adalah munculnya beberapa tombol pada toolbar dengan ikon merah di bagian kiri atas GUI. Silakan hover kursor Anda di atas tombol-tombol itu untuk memunculkan petunjuk.

Untuk memasukkan kutipan, pertama-tama kita harus meletakkan kursor kita ke titik yang akan kita sisipkan kutipan. Lihat gambar berikut. Saya letakkan kursor persis sebelum tanda titik.

posisikan kursor pada kalimat yang akan disisipi

Setelah itu, klik tombol Insert Citation (paling kiri). Awalnya Anda akan menjumpai dialog Document Preferences. Pada dialog ini, kita bisa mengatur gaya pengutipan yang akan kita gunakan sepanjang dokumen. Dalam contoh ini, saya gunakan format IEEE.

document preferences dialog

Setelah itu akan muncul dialog Quick Format Citation. Ketikkan satu kata, dan Zotero akan memfilter kepustakaan yang kita miliki.

menelusuri pustaka dalam dialog quick format citation

Klik sumber yang kita mau sehingga muncul nama pengarang beserta tahun publikasi pada kotak Quick Format Citation.

memilih nama pada dialog quick format citation

Tekan Enter. Muncul angka 1 yang diapit oleh tanda kurung siku, sesuai dengan standar pengutipan IEEE. Angka dan tanda kurung siku tersebut bewarna latar abu-abu, yang menandai bahwa daerah itu adalah suatu autofield. Jika kita menambahkan kutipan-kutipan lagi, Zotero akan meng-update semua field kutipan tersebut secara otomatis, sehingga kutipan-kutipan kita akan tetap selaras dengan Daftar Pustaka. Praktis kan? 😀

kutipan sudah disisipkan

Nah, sekarang anggaplah kita sudah mengetikkan dokumen kita. Kita ingin membuat Daftar Pustaka. Bagaimana caranya? Ini malah lebih mudah lagi! Tinggal buat halaman baru lalu klik tombol Insert Bibliography. Jadi dah! Zotero telah membuatkan daftar isi berisi semua referensi yang telah kita cantumkan. Penulisan tiap entri pun telah disesuaikan dengan jenis item (buku, entri jurnal, prosiding seminar, dll.). Untuk lebih jelasnya, silakan lihat gambar-gambar berikut.

buat bibliography di halaman baru
Halaman Daftar Pustaka sebelum kita generate entri-entrinya
bibliography hasil generate
Halaman Daftar Pustaka setelah entri-entrinya di-generate.
preview bibliography
Preview dokumen kita, beserta kutipan dan Daftar Pustaka.

Selanjutnya, Anda dapat melakukan beberapa percobaan berikut secara mandiri jika ingin lebih memahami Zotero:

  1. Menambahkan kutipan lain, baik sebelum maupun sesudah kutipan yang sudah ada;
  2. Memilih gaya pengutipan yang berbeda, misalnya American Anthropological Association;
  3. Mengaktifkan sync dengan server Zotero mem-backup data.

Demikianlah pengenalan dan tutorial singkat pemakaian Zotero. Saya berharap dengan menggunakan Zotero, Anda dapat lebih mudah menyusun karya tulis. Tentu saja, tidak ada alat yang cocok untuk semua orang, dan hanya kita yang dapat tahu alat apa yang paling cocok untuk diri kita. Gunakan tool yang Anda anggap paling memudahkan. Semoga berhasil!

 

Leave a Reply

%d bloggers like this: