Mudah Mengelola Kutipan Karya Tulis dengan Zotero

Hampir setiap semester saya jumpai mahasiswa tingkat akhir yang kebingungan mengelola kutipan (citation) dan daftar pustaka ketika membuat draft Proyek Akhir atau Laporan Kerja Praktek. Banyak di antara mahasiswa yang menggunakan fasilitas bawaan Microsoft Word, namun terkadang perilaku Word kurang sesuai dengan keinginan mereka. Yang lebih parah, ada pula mahasiswa yang memasukkan kutipan-kutipan secara manual. Tentu saja ini sangat rawan kesalahan.

Sebenarnya berurusan dengan kutipan tidak perlu se-ribet itu. Dengan alat yang tepat, kita bisa mengelola semua referensi dan mengutipnya dengan mudah dan praktis. Mari saya perkenalkan dengan satu kakas yang powerful untuk mengelola pustaka dan kutipan, yakni Zotero. Zotero adalah software untuk mengelola referensi-referensi buku, yang dirancang khusus untuk para peneliti (termasuk mahasiswa, tentunya). Fitur-fitur Zotero difokuskan pada kegiatan-kegiatan peneliti sebagai berikut:

  • Pengumpulan pustaka
  • Pengelolaan pustaka
  • Pengutipan
  • Kolaborasi

Udah, gitu doang? Hehehe.. Untuk merasakan keistimewaan Zotero, kita perlu menggunakannya langsung, atau paling tidak mengetahui aliran kerjanya. Untuk itu, saya akan membuat tutorial mengenai dasar penggunaan Zotero. Tutorial saya tulis dalam beberapa artikel:

  1. Instalasi Zotero
  2. Menambah Item Zotero secara Manual
  3. Menambah Pustaka Secara Cepat dengan Format EndNote/Refman
  4. Mengutip dan Membuat Daftar Pustaka Menggunakan Zotero

Baiklah, mari kita mulai tutorial dengan menginstal Zotero!

Leave a Reply

%d bloggers like this: