Category: Art

Pasar Kreatif 2016

Pada hari Kamis, 22 September 2016 di kampus Telkom University diselenggarakan kegiatan Pasar Kreatif Telkom University 2016. Lokasi tepatnya adalah lapangan parkir sebelah timur FIK. Kebetulan kegiatan ini diselenggarakan bersamaan dengan puncak acara peringatan 3 tahun Telkom University.

Acara ini berlangsung singkat: dua belas jam saja, dari jam 8-20 WIB.Beberapa jenis produk yang dipamerkan adalah lukisan, pernak-pernik, pakaian, dan tentu saja makanan. Bagi Anda yang tidak sempat ke lokasi, berikut beberapa foto yang menggambarkan suasana acara tersebut:

Beberapa lapak Pasar Kreatif Telkom University 2016
Beberapa lapak Pasar Kreatif Telkom University 2016
Panggung Pasar Kreatif Telkom University 2016
Panggung Pasar Kreatif Telkom University 2016
Logo Pasar Kreatif Telkom University 2016
Logo Pasar Kreatif Telkom University 2016

Jika boleh memberikan kritik, menurut saya ragam produk yang ditampilkan terasa kurang. Jika dibandingkan dengan subsektor industri kreatif yang dipublikasikan oleh Depdag, maka produk yang ada di Pasar Kreatif ini hanya sebagian kecil dari apa yang disebut dengan industri kreatif. Bayangkan jika suatu saat Pasar Kreatif bisa mengakomodasi sebagian besar subsektor itu. Ada perusahaan periklanan, production house, fotografi, fashion, software, arsitek, desain interior, landscape, kuliner, dst. Wow, pasti acaranya megah! Itu tadi hanyalah mimpi saya, hehehe.. Mudah-mudahan suatu saat acara ini bisa sebesar mimpi saya itu. Aamiin.

Pada Suatu Ketika..

Sebelum jaman pop korea dan 48 families seperti sekarang, dulu pernah ada lagu seperti ini. Mungkin orang-orang generasi 90-an banyak yang tahu.

Menurut saya lagu ini unik sekali. Lagunya tidak nge-pop, tidak mengikuti selera fans, dramatis, serta menggunakan tempo dan syncopation yang tidak lazim. Pokoke suka-suka si artis banget lah. Liriknya aja memakai Bahasa Jawa yang bahkan susah dimengerti oleh saya yang orang Jawa hahaha.. Penampilan si artis juga jauh dari kata rupawan-licin-bening yang biasa ditonjolkan oleh artis-artis baru. Penampilannya awut-awutan dan menyeramkan. Ditambah lagi si artis suka melotot, hehehe..

Mungkin lagu dan artis seperti ini agak aneh dilihat. Tapi menurut saya, artis semacam inilah yang membuat dunia hiburan menjadi bewarna. Inilah orang yang benar-benar layak disebut artist (seniman). Silakan disimak lagunya di bawah ini.

 

Lirik Lagu Titi Kala Mangsa

Artis: Sudjiwo Tedjo

Wong takon wosing dur angkoro
Antarane riko aku iki

Sumebar ron ronaning koro
Janji sabar, sabar sak wetoro wektu
Kolo mangsane, ni mas
Titi kolo mongso

Reff:
Pamujiku dibiso
Sinudo kurban jiwanggo
Pamungkase kang dur angkoro
Titi kolo mongso

 

Terjemahan Lirik Titi Kala Mangsa

Artis: Sudjiwo Tedjo

Orang orang bertanya kapan angkara murka berakhir
Diantara kau dan aku
Tersebar daun daun kara
Bersabarlah untuk sementara waktu
Suatu ketika, dinda
Pada suatu ketika

Reff:
Doaku semoga
Semakin berkurang korban jiwa raga
Pengakhir angkara murka
Pada suatu ketika

Sumber

 

Wew ternyata lagunya berisi keprihatinan yang dalam  😥 .