Uji Coba Siaran TV Digital Terestrial

Dari website resmi TV Digital Pemerintah RI, diperoleh berita bahwa saat ini pemerintah sedang menyelenggarakan uji coba siaran TV Digital terestrial (DVB T2). Nah, dengan demikian saat ini uji coba yang sedang dilakukan beberapa stasiun TV sudah resmi. Payung hukum uji coba tersebut adalah Peraturan Menteri No. 5 Tahun 2016 tentang Uji Coba Teknologi Telekomunikasi, Informatika dan Penyiaran.

Pemerintah bersama dengan sejumlah stasiun penyedia konten telah menandatangani MoU untuk melaksanakan uji coba tersebut. Daftar stasiun-stasiun DVB T2 yang akan mengikuti uji coba adalah:

  1. PT. Nusantara Media Mandiri
  2. PT. Nusantara Media Mandiri Parahiyangan
  3. PT. Nusantara Media Mandiri Tapanuli
  4. PT. Nusantara Media Mandiri Batam
  5. PT. Nusantara Media Mandiri Yogyakarta
  6. PT. Inspira Televisi Indonesia
  7. PT. Inspira Media Televisi
  8. PT. Inspira Medan Mulia
  9. PT. Inspira Multi Talenta
  10. PT. Badar Televisi Media Persada
  11. PT. Televisi Mutiara Elok Digital
  12. PT. Media Kreatif Sumedang
  13. PT. Bandung Persada Tivi Digital
  14. PT. TVMu Surya Utama
  15. PT. Indonesia Visual Televisi Serang
  16. PT. Kemuning Televisi
  17. PT. Eka Televisi Bandung
  18. PT. Reka Indah Media
  19. PT. Media Inti Televisi Nusantara
  20. PT. Merah Putih Satu Visi
  21. PT. Detik TV Indonesia
  22. PT. Duta Anugerah Indah
  23. PT. Daya Angkasa Andalas Indah
  24. PT. Net Mediatama Televisi
  25. PT. Cipta Megaswara Televisi
  26. PT. Oxcy Media Televisi
  27. PT. Industri Televisi Semarang
  28. PT. Reksa Birama Media
  29. PT. Pasundan Utama Televisi
  30. PT. Mediantara Televisi Bali
  31. PT. Makassar Lintasvisual Cemerlang
  32. PT. Borneo Television
  33. PT. Kompas TV Media Informasi
  34. PT. Pratama Cipta Digital
  35. PT. Gramedia Media Nusantara
  36. PT. Digital Inspirasi Indonesia

 

Wah ternyata sudah puluhan stasiun yang bersedia. Mudah-mudahan uji coba berjalan lancar sehingga siaran TV digital terestrial bisa segera dinikmati oleh rakyat Indonesia. Selain itu, dengan semakin banyaknya stasiun TV, mudah-mudahan konten yang tersedia juga semakin bagus dan mendidik serta konten buruk semakin berkurang.

Jadwal Siaran Langsung Euro 2016 dan Copa América 2016 untuk Google Calendar

Pada tahun ini berlangsung dua ajang besar sepak bola, yaitu European Championship (Euro) dan Copa América Centenario. Untuk memudahkan melihat jadwal siaran langsung pada stasiun TV Indonesia, saya membuat kalender khusus di Google Calendar.

Bagi Anda yang ingin selalu dapat mengakses jadwal siaran langsung ini di mana saja, Anda dapat menambahkannya ke Google Calendar milik Anda melalui URL ini: Kalender Siaran langsung Copa America 2016 dan Euro 2016.

Klik URL di atas, lalu setelah kalender muncul, klik tombol +GoogleKalender di pojok kanan bawah. Nantinya ada dialog untuk menambahkan ke akun Anda. Dengan demikian, jadwal dapat selalu diakses dari smartphone.

Jadwal kedua turnamen tersebut disajikan dalam tabel di bawah:

[calendar id=”438″]

Cara Mengeja Huruf di Telepon

Ketika kita berbicara di telepon, terkadang kita perlu mengeja suatu nama atau istilah huruf demi huruf. Sering kita saksikan acara kuis di TV atau radio yang dapat diikuti oleh penonton/pendengar di rumah. Pada saat kuis seperti itu, sering pembawa acara salah mendengar nama si penelepon.

Loh, tapi kan saya ga pernah ikut kuis online? Mungkin Anda berpikir seperti itu. Nah, bagaimana kalau kasusnya beli makanan via pesan antar (delivery)? Ketika itu Anda harus menyebutkan nama dan alamat dengan jelas. Banyak perumahan yang menggunakan blok dengan huruf A, B, C, D, E, F, G, dst. Belum lagi jika nama Anda tidak pasaran. Resiko salah eja menjadi semakin besar.

Biasanya, penelepon akan mengeja sesuai dengan ejaan Indonesia: A, Be, Ce, De, E, Ef, dst. Bila kita amati, ada beberapa huruf dalam alpabet yang jika diucapkan lewat telepon terdengar mirip. Kemiripan ini bisa menyebabkan kekeliruan. Contohnya De dengan Te, Ce dengan Je.

Ternyata ada standar internasional yang khusus dibuat untuk mengatasi masalah ini. Standar ini dirancang sedemikian rupa sehingga salah eja bisa diminimalkan. Standar ini berasal dari ICAO, disebut Radiotelephony atau sering juga disebut NATO phonetic alphabet. Daftar ejaan disajikan dalam tabel di bawah ini:

Huruf Huruf fonetis
A Alfa
B Bravo
C Charlie
D Delta
E Echo
F Foxtrot
G Golf
H Hotel
I India
J Juliett
K Kilo
L Lima
M Mike
N November
O Oscar
P Papa
Q Quebec
R Romeo
S Sierra
T Tango
U Uniform
V Victor
W Whiskey
X Xray
Y Yankee
Z Zulu

 

Contoh:

  • Bandung dieja BRAVO ALPHA NOVEMBER DELTA UNIFORM NOVEMBER GOLF
  • Jeni dieja JULIETT ECHO NOVEMBER INDIA

Untuk berlatih, silakan coba mengeja kata-kata ini:

  • Bonie, Doni, Tonny, Toni
  • Bram, Pram

Nah, sekarang silakan coba mengeja nama Anda sendiri. Bisa juga Anda mencoba mengeja nama-nama yang muncul di koran. Bagaimana? Silakan saja dihafalkan, siapa tahu suatu saat akan berguna.

Metro TV Mulai Siaran TV Digital DVB-T2 Lagi

Sabtu lalu saya scan kanal-kanal DVB-T2. Waktu itu kanal yang tertangkap cuma 4 kanal milik TVRI. Hari ini saya mencoba scan channel lagi. Ternyata, hasil scan kali ini sudah bertambah dua kanal, yakni METRO TV dan METRO TV D. Saat ini kedua kanal masih menayangkan siaran yang sama. Mudah-mudahan ke depannya, dua kanal ini menayangkan siaran yang berbeda.

Review Siaran DVB-T2 Metro TV di Bandung

Kualitas video

Berbeda dengan TVRI yang terkadang memperlihatkan gangguan, kanal Metro TV menunjukkan performa yang baik sekali. Selama saya menonton siaran ini beberapa jam, belum saya temui gangguan sinyal. Warna yang ditampilkan well-balanced. Jika ada motion cepat, hanya tampak sedikit artifact saja. Berbeda dengan TVRI yang menunjukkan ada gambar yang hilang, buram, atau bleeding yang jelas. Untuk mengeceknya, silakan bandingkan screenshot di bawah dengan screenshot TVRI di artikel sebelumnya.

Program Kick Andy On Location Metro TV yang ditangkap melalui TV digital DVB-T2 di Bandung

Tayangan Metro TV melalui DVB-T2 di Bandung

Kualitas audio

Suara yang dihasilkan jernih, lebih enak didengarkan dibanding TVRI. Tentu saja tanpa noise. Ini kan TV digital.